IPB University Perkuat Transformasi Pembelajaran Melalui “Gogies Series”: Heutagogy, Cybergogy, and EdTech Integration
IPB University terus mendorong transformasi pembelajaran yang relevan dengan tuntutan era digital. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan Sharing Session “Gogies Series”: Heutagogy, Cybergogy, and EdTech Integration, Jumat 28 November 2025, di Collaborative Room Perpustakaan IPB University. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan dosen muda yang antusias memperkuat kompetensi pedagogi digital mereka.
Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. Deni, yang menegaskan bahwa peran dosen di era kini tidak lagi sebatas menyampaikan materi. “Seorang dosen harus berintegritas, menginspirasi, dan berinovasi,” pesannya. Tiga nilai tersebut ia tuliskan langsung pada smart board sebagai simbol pembukaan resmi program Gogies Series, yang sekaligus memotivasi para peserta.
Sesi materi diawali oleh Prof. Yulin Lestari (Direktur DTPTP) yang membawakan topik Transformasi Pendidikan Tinggi dan Pergeseran Paradigma Pembelajaran. Ia menekankan pentingnya desain pembelajaran yang adaptif, mandiri, serta kompatibel dengan ekosistem digital. Kegiatan kemudian dilanjutkan oleh Dr. Mafrikhul Muttaqin (Asisten Direktur DTPTP) yang memaparkan Inovasi Akademik dan Eksplorasi Pedagogi Digital (Cybergogy) Khas IPB University. Ia menggarisbawahi bagaimana teknologi pembelajaran masa depan dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Materi terakhir disampaikan oleh Dr. Eng. Wahyu Ramadhan (Asisten Direktur DTPTP), yang mengulas Dokumen Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) dan integrasi Gogies Series dalam penguatan kurikulum.
Dengan hadirnya Gogies Series, IPB University meneguhkan komitmennya untuk menghadirkan lingkungan pembelajaran yang inovatif, cerdas, dan berorientasi pada kebutuhan mahasiswa. Program ini menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan dosen-dosen muda yang mampu menjawab tantangan pendidikan masa depan.

